Membuat Aplikasi Android GPS Menggunakan Activity Starter di App Inventor - Informasi | Hiburan | Berita

Breaking

klik disini

Seo Services

Minggu, 08 April 2018

Membuat Aplikasi Android GPS Menggunakan Activity Starter di App Inventor

Hasil gambar untuk app inventor



GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan. Saat ini GPS sudah banyak digunakan orang di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi, kecepatan, percepatan ataupun waktu yang teliti.
GPS merupakan salah satu fitur utama pada Smartphone, tidak terkecuali dengan sistem operasi Android yang juga memiliki fitur GPS secara default. Kali ini akan membuat aplikasi GPS dengan menggunakan App Inventor dan memakai Activity Starter  (Intens) untuk memanggil Google Map. Pertama yang harus dipahami adalah untuk mencoba aplikasi ini membutuhkan device handphone Android, karena Emulator tidak memiliki fasilitas GPS.
Logika dari aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  1. GPS (LocationSensor) akan mencari koordinat Latitude dan Longtitude ketika aplikasi diluncurkan dan GPS aktif.
  1. Tampilkan pada LabelLat dan LabelLong pada label GPS
  1. LabelTdkDiketahui pada labelAddress akan diupdate menjadi nama lokasi address saat ini
  1. Tombol ButtonPeta merupakan tombol untuk mengakses peta berdasarkan dari koordinat GPS yang telah didapatkan.
  1. Action                       android.intent.action.VIEW
  1. ActivityPackage    : com.google.android.maps.MapsActivity
  1. ActivityClass           : com.google.android.apps.maps
  1. http://maps.google.com/maps?saddr=
  1. Koordinat Latitude : -7.795442
  1. Teks : Koma (,)
  1. Koordinat Longitude : 110.368996
screen5
Seperti biasa masukkan komponen pada desainer, dan disini komponen utamanya adalah LocationSensor dari Pallete Sensor pada jendela Desainer, kemudian ActicityStarter dari Pallete Other Stuff. Jangan lupa untuk merapikan gunakan HorizontalArranggement, atau bisa dengan menggunakan TabelArrangement. Kemudian isi  properties text pada LabelLat dan LabelLong, dengan angka 0 (Nol), sebagai tanda koordinat masih kosong.  Silahkan lihat seperti gambar dibawah ini :
screen1
Gb. GPS Komponen Desainer

Sedangkan properties yang harus diset pada Activity Starter adalah :
Blocks pada LocationSensor yang pertama di gunakan adalah Blocks LocationSensor.LocationChanged , disini akan terlihat socket penting yaitu Latitude(Lat) , Longitude (Long) dan Altitude. Sedangkan saat ini hanya akan menggunakan Lat dan Long, yang kemudian menampilkan koordinat Lat dan Long tersebut kedalam label, LabelLat dan LabelLong agar terlihat oleh pengguna aplikasi pada User Interface (UI). Sedangkan nilainya mengambil dari My Definitions > value Latitude dan value longitude, setelah itu pada LabelTdkDiketahui di set dengan Block LocationSensor.CurrentAddress dari LocationSensor agar dapat diketahui alamat dari koordinat saat itu. Perhatikan pada gambar :
screen2
Gb. 2 LocationSensor

Saddr Address
Sebenarnya bisa langsung menggunakan koordinat Lat dan Long , akan tetapi sebagai bahan pembelajaran maka pada projek ini ditampilkan koordinat pada sebuah label text terlebih dulu. Disamping itu dengan menampilkan koordinat Lat dan Long, bisa dapat melihat dan memastikan bahwa koordinat dari GPS telah diterima, meskipun pada prakteknya bisa ditampilkan dalam bentuk grafik misalnya.
Untuk menampilkan peta berdasarkan koordinat yang kita dapatkan, kita bisa menggunakan format URL : http://maps.google.com/maps?saddr=-7.795442,110.368996 . Apabila kita perhatikan maka kita bisa pilah menjadi per-bagian yaitu :
Saddr artinya adalah source address yaitu koordinat awal GPS, yang biasanya digunakan pada saat kita membuat sebuah peta rute perjalanan dengan input petunjuk koordinat awal dan koordinat akhir.
screen3
Gb.3 Google Map Saddr & Daaddr Address

Kembali ke format alamat URL http://maps.google.com/maps?saddr=-7.795442,110.368996 , maka pada aplikasi yang telah dibuat , ketika tombol ButtonPeta diklik maka google map akan terbuka. Disini Blocks komponen penting yang di pakai adalah ActivityStarter.DataUri sebagai blocks yang akan membuka google map sesuai alamat URL, kemudian ActivityStarter.StartActivity yang menjadi trigger intens ActivityStater di jalankan. Sedangkan blocks make text hanya sebuah blocks yang akan menggabungkan beberapa blocks text bagian-bagian dari alamat URL yang dimiliki. Yaitu blocks bagian alamat dasar  URL http://maps.google.com/maps?saddr= , kemudian Koordinat LAT , teks koma (,) dan Koordinat Long.  Sehingga Blocksnya akan terlihat seperti ini :
screen4
Gb.4 Blocks ActivityStarter

Blocks Lengkap dari Aplikasi GPS
Sedangkan blocks komponen seluruhnya akan terlihat seperti digambar :
 
Dan seperti yang sudah dijelaskan diawal, untuk mencoba aplikasi ini maka harus memakai device atau handset HP Android langsung, karena kita tidak bisa mencobanya di Emulator. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, secara teknis GPS menangkap signal dari satelit yang berada jauh diatas langit. Oleh karena itu, maka jika terdapat penghalang antara satelit dengan device, maka biasanya akan menganggu penangkapan signal atau bahkan bisa membuat signal GPS dari satelit tidak bisa diterima. Penghalang itu misalnya beton padat, atap rumah, pepohonan yang rimbun, atau bahkan atap mobil yang cukup tebal.
Maka disarankan ketika mencoba GPS dan aplikasi yang kita buat ini, usahakan diluar rumah, sehingga tidak terhalang antara device dengan satelit.
Cek Site : -- KLIK --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *