Sebelum masuk ke tutorial Cara Mudah Membuat
Aplikasi Drawing Canvas Dengan MIT App Inventor, kita akan membahas dulu
tentang apa itu MIT App Inventor .
App Inventor adalah sebuah tool untuk membuat aplikasi android, yang menyenangkan dari tool ini adalah karena berbasis visual block programming, jadi sobat Sharingzona bisa membuat aplikasi tanpa kode satupun. Mengapa disebut visual block programming?, karena Sobat Sharingzona akan melihat, menggunakan, menyusun dan drag-drops “blok” yang merupakan simbol-simbol perintah dan fungsi –event handler tertentu dalam membuat aplikasi, dan secara sederhana kita bisa menyebutnya tanpa menuliskan kode program –coding less.
Tutorial kali ini kita akan membuat aplikasi
menggambar sederhana melaliu App Inventor dari MIT. Sebelum membahas lebih jauh
perlu kita ketahui bahwa pada MIT App Inventor terdapat banyak sekali
tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi secara sederhana, dan kali ini kita
akan mengulas salah satu tutorial yang ada dengan cara yang lebih sederhana dan
tentunya dalam bahasa Indonesia (MIT App Inventor defaulnya berbahasa Inggris).
1. Membuat Project Baru
Buatlah project baru pada akun MIT anda, dan
beri nama yang sesuai untuk aplikasi yang akan kita buat, karena nama project
ini akan menjadi nama aplikasi kita nantinya. pada project ini kita gunakan
nama “canvas”.
2. Masukkan Interface yang akan kita gunakan
Saat memulai satu project baru kita harus
mengtahui kebutuhan kebutuhan apa saja yang akan kita gunakan pada aplikasi
kita nantinya. Pada project ini kita membutuhkan interface buttun dan canvas
sebagai media gambar
·
Button
tambahkan button untuk memilih warna kuas yang
akan digunakan dan button untuk menghapus gambar
pastikan kita membuat layout terlebih dahului
agar button dapat tersusun rapi.
kita dapat merubah nama dan warna button pada menu Properties di sebelah kanan, tampilan yang kita butuhkan dapat menjadi seperti berikut
- CanvasTambahkan palletes drawing and animation “Canvas” ke menu viewer dengan drag and drop “Canvas” ke viewer. Patikan untuk tinggi dan lebar canvas dalam keadaan “fill parrent”.
Tambahkan sensor “Acceleromate Sensor” dengan drag & drop ke viewer.
tampilan akhir yang kita inginkan yaitu seperti berikut
3. Membuat Block
setelah selesai menyusun semua interface viewer
di menu draw, kemudian kita membuat Block Program. Setelah selesai, klik screen
1 lalu pilih blocks. Maka akan muncul jendela block pada screen. berikut
printah-perintah yang perlu di tambahkan.
·
Program
Warna Kuas
Di block editor:
1. Buat perintah “when __ click, do ____ ” pada
setiap tombol
2.
Berikan
perintah “set canvas1 . paintColor to ___” dari block canvas
tampilan block akan menjadi seperti di bawah
ini.
- Program Clear Canvas
Clear canvas di buat untuk menghapus gambar yang telah di buat pada kanvas. program ini di buat pada button wipe.
·
Program
drag canvas
Susunlah blocks canvas saat di drag. Dalam
blocks ini, canvas tersebut akan mengikuti jari
yang disentuh kelayar aplikasi untuk membuat
suatu gambar. Setiap kali menyeret blok ini, itu akan menarik suatu garis kecil
antara lokasi sebelumnya (Prevx, prevY) ke lokasi baru (CurrentX, CurrentY)
ketika jari tersebut digunakan sebagai menggambar.
progarm block nya sebagai berikut:
- Program sentuh pada canvas
program ini akan membuat tanda titik saat layar canvas di sentuh. block program nya dapat di susun seperti berikut.
4. Menjalankan Aplikasi pada ponsel Android
setelah semua block selesai di susun, kita
dapat menguji aplikasi ini dengan Ai Companion demikian tutorial kali ini.. nantikan tutorial
berikutnya dan selamat mencoba.
Source Site -- Klik --
Merasa kurang hoki bermain judi di situs lain ? atau Ingin mendapatkan income tanpa bekerja ?
BalasHapusKAMI HADIR UNTUK ANDA , MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI DI WWW.MGMCASH88.COM
- SBOBET
- MAXBET
- 368BET
- Tangkas
- Livecasino
- Sabung Ayam
(Baccarat,Sicbo/Dadu,Slot)
Minimal deposit Rp 50.000
Minimal Withdraw Rp 100.000
Info lengkap hubungi live support custumer service 24 jam di :
PIN BBM : 7B2EC260
PIN BBM : D8796C4C
WHATSAAP : +66615620266
LINE : mgmcash88