Aplikasi Android & Pc Penting yang harus Dimiliki mahasiswa - Informasi | Hiburan | Berita

Breaking

klik disini

Seo Services

Sabtu, 07 April 2018

Aplikasi Android & Pc Penting yang harus Dimiliki mahasiswa

Zaman serba canggih membuat hampir semua kalangan memiliki yang namanya smartphone. Nggak terkecuali juga kamu  para mahasiswa. Harga yang semakin murah, membuat mahasiswa bisa menenteng smartphone kapan pun dan di mana pun. Bagi kamu yang merasa masih mahasiswa, rasanya sangat rugi kalau kamu nggak bisa dalam memanfaatkan smartphone demi menunjang aktivitas akademismu.


Nah, berikut beberapa apps yang saya kutip dari laman brilio.net  dan juga himpunan dari berbagai sumber, Rabu (20/1), aplikasi smartphone yang bisa membantu kegiatan akademismu. Semoga bisa menjadi referensi ya!

WPS Office + PDF


foto: teknologinyata.blogspot.com
Namanya mahasiswa pasti setiap hari selalu 'pacaran' sama yang namanya dokumen. Mulai dari dokumen Word, Excel, sampai Powerpoint pasti jadi makanan sehari-hari. Nah, WPS Office + PDF ini bisa membantumu mengolah dokumen dari smartphon. Dari mulai membaca, mengedit, sampai membuat dokumen baru bisa kamu lakukan di aplikasi ini.


Google Translate


foto: skatter.com
Siapa yang nggak kenal google translate? Semua pasti kenal lah ya. Aplikasi penterjemah buatan Google ini juga ada di smartphone. Tinggal download, kamu nggak perlu repot-repot buka browser untuk menuju google translate. Asyiknya, aplikasi ini juga bisa digunakan dalam mode offline alias tanpa koneksi.

Evernote
Ini adalah salah satu aplikasi yang sering ditemukan di smartphone Android tapi jarang digunakan. Setahu saya, teman-teman saya dulu banyak yang menginstallnya tapi tidak banyak yang benar-benar menggunakannya. Padahal Evernote ini sangat bermanfaat sekali untuk menunjang aktivitas perkuliahan. Karena dengan Evernote, kita bisa menyimpan artikel yang kita temukan di internet, tanpa harus bookmark di browser dan tanpa harus subscribe di website yang bersangkutan.
Evernote ini akan sangat membantu kalian ketika mengerjakan tugas dan membutuhkan banyak referensi dari internet. Dengan evernote, kalian tidak akan lagi menyimpan halaman sebuah situs ke dalam flashdisk, sebagaimana yang dulu sering dilakukan oleh para mahasiswa ketika mencari bahan untuk mengerjakan tugas di warnet.
Salah satu hal yang perlu dilakukan ketika kuliah adalah memperbanyak sumber bacaan. Dan untuk itulah Feedly diperlukan. Karena dengan Feedly, kita bisa membaca artikel dari website-website yang menurut kita bermanfaat buat perkuliahan kita. Dengan Feedly, kita tidak perlu mengingat-ingat ratusan nama website yang kita sukai kontennya. Sederhananya, Feedly adalah semacam perpustakaan online kita.
Kalau yang satu ini fungsinya adalah untuk membuat presentasi lebih menarik secara mudah. Karena salah satu aktivitas yang pasti dilakukan selama perkuliahan adalah presentasi. Dan membuat presentasi yang menarik dengan Powerpoint itu butuh effort yang nggak sedikit. Oleh karena itu, kalau kalian ingin membuat presentasi yang menarik tapi nggak mau susah-susah, ada baiknya kalian coba menggunakanPrezi. Karena buat mahasiswa, dengan menggunakan email kampus, kalian bisa menggunakan prezi premium secara gratis. Berikut inicontoh presentasi yang pernah saya buat dengan menggunakan Prezi.
Selain Prezi, untuk membuat presentasi yang lebih menarik, kalian juga bisa coba menggunakan Focusky,Slides, atau Niftio.
Canva
Canva adalah jawaban untuk kalian yang ingin membuat desain poster, undangan, atau alat publikasi lain dengan lebih mudah. Karena dengan Canva, kalian hanya cukup drag and drop untuk membuat desain.
F.lux ini mungkin tidak wajib diinstall buat semua mahasiswa. Tapi buat mahasiswa teknik, buat kalian yang tugas kuliahnya dan aktivitasnya banyak menggunakan komputer, ada baiknya kalian install f.lux ini untuk membuat mata tidak mudah lelah ketika menatap layar komputer.
Kalau aplikasi yang satu ini bermanfaat untuk troubleshooting. Ini terinspirasi dari adik saya yang beberapa kali meminta bantuan saya terkait laptopnya yang bermasalah. Karena saya dan adik saya kuliah di 2 kota yang berbeda, akhirnya saya sarankan adik saya untuk install team viewer agar kalau sewaktu-waktu laptopnya ada masalah saya bisa bantu ngecek.
Karena biasanya selama kuliah komputer mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Entah itu terkena virus, ada fitur-fitur yang tidak jalan, ada aplikasi yang tidak jalan, dan lain sebagainya. Dengan install team viewer, kita akan lebih mudah meminta bantuan teman ketika mengalami masalah dengan komputer kita. Jadi, cukup dengan koneksi internet saja, dengan memaanfaatkan team viewer, kita akan bisa meminta teman kita yang mahir komputer untuk mengecek dan membantu memperbaiki komputer kita jika sedang ada masalah tanpa harus bertatap muka. Satu yang perlu diingat, kalian juga harus waspada jika mau minta bantuan via team viewer. Pastikan kamu benar-benar mengawasinya. Agar teman yang kamu mintai bantuan tidak mengambil data-data yang ada di komputer kamu tanpa sepengetahuan kamu.
Kalau yang satu ini sih bukan aplikasi. Filehippo adalah website penyedia aplikasi-aplikasi freeware yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari. Saya lupa kapan pastinya tahu website yang satu ini. Yang jelas, tiap kali saya mencari aplikasi freeware, website ini yang selalu menjadi rujukan pertama saya. Karena tampilannya yang simpel dan user friendly.
Mungkin sampai sini dulu. Nanti lain kali akan saya update lagi list-nya. Entah dengan mengedit tulisan ini atau dengan membuat tulisan berseri.
Satu yang perlu digarisbawahi, aplikasi yang saya rekomendasikan di atas sebenarnya bukan hanya bermanfaat buat mahasiswa, tapi juga buat kalian yang banyak menggunakan komputer dalam aktivitas sehari-hari.
Punya rekomendasi aplikasi lain? silakan tambahkan di komentar, ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *